ONDE REPORTAMOS


Traduzir a página com Google

Reportagem Publication logo Setembro 23, 2022

Newsgame: Liberica Coffee (bahasa Indonesia)

Autor(a):
Local people process to making food from sago palm in Tahuna, Sangihe Island, Indonesia. Image courtesy of Bastian AS/Shutterstock. Indonesia, 2020.
Inglês

A newsgame from Kompas shows how sago plays a vital role in peatland restoration.

SECTIONS

Bagi mereka yang tidak menghormati, game hanyalah pembuang waktu. Namun, bagi mereka yang berpikiran terbuka, game adalah media seni, sastra, komunikasi, dan seterusnya.

Melalui proyek ini, Kompas.com mencoba mengeksplorasi game sebagai medium untuk menceritakan kompleksitas isu lingkungan. Ketika kami mengatakan "game", artinya lebih dari sekadar kuis dan klik semata.

Kami mengunjungi Desa Kedabu Rapat di Meranti, Kepulauan Riau, hanya satu jam dari Singapura, bertemu dengan petani yang memandang kopi liberika (Coffea liberica) sebagai penyelamat kehidupan dan alternatif pengganti kelapa sawit.


Sebagai organisasi jurnalisme nirlaba, kami mengandalkan dukungan Anda untuk mendanai liputan isu-isu yang kurang diberitakan di seluruh dunia. Berdonasi sesuai kemampuan Anda hari ini, jadilah Pulitzer Center Champion dan dapatkan manfaat eksklusif!


Laporan kami mengungkapkan bahwa meskipun liberika memiliki beberapa peluang di pasar, namun menghadapi tantangan besar karena karakteristik rasa dan persepsi publik tentang kopi berkualitas.

Di pasar kopi spesial, araciba dianggap sebagai kopi terbaik karena rasanya yang kompleks. Robusta dianggap lebih rendah dan dengan demikian memiliki harga yang lebih rendah juga. Liberika adalah yang terendah, dan tidak banyak orang yang menyadarinya.

Inovasi dan pendanaan diperlukan bagi petani untuk mengubah impian mereka menjadi kenyataan. Tidak hanya itu, ada kebutuhan untuk mengubah narasi tentang kopi yang baik. Setiap spesies kopi harus diperlakukan secara adil.

Kompas.com membuat newsgame untuk menyampaikan pesan tersebut. Kami mengadopsi konsep labirin untuk menggambarkan perjalanan inovasi, memperkenalkan leveling dalam newsgame, dan melengkapi dengan microcopy sehingga pembaca dapat menangkap pesan dengan lebih baik.

Konten ini dapat diakses di https://vik.kompas.com/kopi-liberika/


Gambar oleh VIK Kompas. Indonesia, 2022.

Gambar oleh VIK Kompas. Indonesia, 2022.

Gambar oleh VIK Kompas. Indonesia, 2022.

RELATED CONTENT